Membuat Route pada Framework Lumen

belajar-routing-pada-lumen

Hallo sobatcode pada kesempatan kali ini, kita akan membahas tentang cara melakukan Routing menggunakan framework Lumen. Route merupakan jalur untuk merequest sesuatu dari client ke server, misalkan teman-teman mengakses/meminta request ke www.sobatcode.com/category/lumen, maka server akan merespon dengan menampilkan berupa materi yang berhubungan dengan Lumen, maka www.sobatcode.com/category/lumen merupakan sebuah Route, dan proses pembuatan route disebut sebagai Routing. Pembuatan Route dapat dilakukan di dalam file web.php, yang berada pada folder routes/web.php.

Pattern dalam pembuatan route yaitu

Http method dapat berupa, GET, POST, PUT, DELETE, PATCH, dan OPTIONS, teman-teman bisa baca disini https://robm.me.uk/web-development/2013/09/20/http-verbs.html . Jangan lupa untuk menjalankan projectnya terlebih dahulu, jika belum mengetahuinya silahkan kunjungi Pengenalan dan Instalasi Lumen



Basic Routing

basic-routing
Membuat Basic Routing di Lumen

Penjelasan :

Pada kode diatas menggunakan http method GET, dengan uri yaitu “/” dan dengan callback mengembalikan fungsi yang menampilkan tulisan berupa “Hallo Sobat Code” ke layar, untuk mengetes aplikasinya maka akses uri localhost:8000/ maka akan menampilkan tulisan “Hallo Sobat Code”.



Route menggunakan parameter

parameter-routing
Membuat Parameter Routing
parameter routing

Penjelasan :

Pada kode diatas menggunakan http method GET, dengan uri yaitu “/foto/{id}” dan dengan callback fungsi dan menerima parameter berupa id, nilai parameter tersebut di dapat dari uri “/{id}”, dan fungsi tersebut mengembalikan string “Foto dengan id = $id”. Jika kita ubah dalam url di browsernya dengan karakter berapapun, maka akan mencetak nilai sesuai dengan karakter yang dimasukkan dalam url browser.



Route menggunakan group

group-routing
Membuat Group Routing
group-routing-laporan
group-routing-siswa

Penjelasan :

Pada kode di atas menggunakan fungsi group yang parameter pertama berupa array yang isinya prefix, prefix disini artinya adalah route parentnya, di dalam route parent tersebut, kita dapat menuliskan route lagi(route child), pada contoh tersebut saya menuliskan route menggunakan http method GET dan urinya laporan, yang isinya mengembalikan nilai “Hallo from route ‘admin/laporan’ “. 

Jika kita cek di dalam browser dan masuk ke localhost:8000/admin/laporan, maka akan tampil “Hallo from route ‘admin/laporan’ “.

Jika kita masuk ke localhost:8000/admin/siswa maka akan tampil “Hallo from route ‘admin/siswa’ “.

Intinya dari  route group ini adalah untuk mengelompokan dan mempermudah dalam pembuatan route, apabila aplikasi yang kita bangun sudah kompleks maka kita sangat memerlukan route group ini, agar tidak perlu menuliskan sebuah uri yang begitu panjang dan tidak tersusun secara rapi.



Sekian dulu pengenalan tentang cara membuat route(routing) di Lumen kali ini, dalam bahasan selanjutnya akan dijelaskan tentang pembuatan Migration pada Lumen.

TETAP POSITIF, TETAP BERKARYA UNTUK MERAIH CITA CITA.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *